Rabu, 28 Oktober 2015

Menggapai Cita-Cita dengan “POHON CITA-CITA”

Diharapkan dengan membuat pohon cita-cita ini siswa dapat menggapai cita-citanya baik dalam mengambil keputusan memilih bekerja atau kuliah, dan rasa percaya dirinya meningkat.
Langkah awal dalam membuat pohon cita-cita ini dengan pembagian kelompok secara acak, sehingga siswa dapat lebih banyak berinteraksi dan sharing bersama. Setelah kelompok terbentuk dipilih ketua, dan setiap kelompok harus menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan dan yang dipilih untuk membuat “pohon cita-cita” sesuai dengan kesepakatan masing-masing kelompok.



Masing-masing siswa harus menulis cita-cita dan harapannya dalam jangka panjang yang ingin diraihnya, seperti ingin bekerja disalah satu perusahaan ternama di Tanjung Enim atau masuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri dll.  Disinilah kemudian guru mengamati cara kerja, komunikasi siswa, upaya saling menghargai dan cara mengambil keputusan masing-masing siswa dalam kelompok, dan yang terpenting adalah mendokumentasikan dan merekap  setiap tulisan yang ditulis di pohon cita-cita sebagai komitmen siswa. Dari hasil evaluasi diketahui siswa yang komitmen atas impiannya, dan  mampu mengeksplorasi cita-cita karena semua terlibat dan berperan aktif.
Hasil dari karya cipta ini adalah mengetahui berbagai cita dan harapan siswa dalam jangka panjang, kekompakan yang terjalin, hasil akhir yaitu melatih siswa dalam membuat rencana kerja ke depan. Setelah selesai, guru memberikan contoh membuat rencana kegiatan jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang dalam bentuk format sederhana agar hasilnya memuaskan. Kemudian siswa diminta mengekplorasi perasaan yang dialami selama menulis cita dan harapannya di pohon harapan. Disinilah lalu guru menganalogikan dan menghubungkan dengan keadaan siswa kelas yang sebenarnya terjadi. Perlahan dan pasti siswa mulai memahami dan memperbaiki diri untuk meraih impian dan harapan dan bekerja sama antar teman.
Terima kasih untuk partisipasinya siswa siswi SMK Bukit Asam Smoga cita-cita yang ditulis akan menjadi kenyataan Aamiin

Salam Sukses
BK SMK Bukit Asam

1 komentar: